-->

Museum Malang Tempo Doeloe

Dipublish pada: Jumat, 08 Juli 2016

Ngalamers ingin memahami sejarah perkembangan Kota Malang dengan cara yang fun? Datang yuk ke Museum Malang Tempo Doeloe yang berlokasi di Jl. Gajahmada, belakang Balaikota Malang ini. Museum MTD tergolong baru karena memang baru diresmikan tanggal 22 Oktober 2012 lalu.

Museum MTD memiliki 20 lokal waktu yang berbeda, sesuai urutan waktu sejarah Kota Malang. Mulai zaman purbakala, penemuan pertama pondasi kota pada 1716 oleh Pemerintah Hindia Belanda, zaman revolusi 1945-1949, hingga sekarang. Meski mengangkat tema tentang sejarah, Museum MTD dikemas dengan cita rasa yang modern.

Dengan harga tiket yang murah, yaitu untuk umum Rp.25.000, pelajar Rp.10.000, dan warga Malang: Rp.15.000, Ngalamers bisa melihat sejumlah barang koleksi Museum MTD. Pengunjung juga diizinkan untuk berfoto bersama barang tersebut. Selain itu, juga ada pemutaran dokudrama tentang sejarah Malang yang diputar di ruang kaleidoskop. Pengelola museum berupaya untuk menghilangkan kesan angker sebuah museum sekaligus supaya terlihat lebih ramah bagi pengunjung.

Pertama kali datang, Ngalamers akan dibawa kembali ke masa 1,5 juta tahun yang lalu dengan melihat aneka koleksi benda purbakala serta diorama cara menggali benda-benda tersebut. Setelah itu Ngalamers akan melalui wahana-wahana yang menunjukkan kerajaan-kerajaan yang pernah menduduki Kota Malang, yakni Kerajaan Kanjuruhan, Kerajaan Kediri, Kerajaan Singasari. Ngalamers bisa melihat patung-patung lilin yang merepresentasikan kehidupan di masa itu.

Museum Malang Tempo Doeloe juga memiliki koleksi berupa prasasti dan buku-buku kuno, alat untuk membuat keris, dlsb. Diorama yang selanjutnya akan Ngalamers saksikan akan berlanjut hingga masa kemerdekaan. Ngalamers dapat melihat diorama penjara besi, ilustrasi rapat KNIP yang dipimpin oleh Bung Hatta, hingga patung Bung Karno.
Sumber foto:
wisata.kompasiana.com
tempo.co
riwariwitravel.blogspot.com
pwjt.blogspot.com

0 Response to "Museum Malang Tempo Doeloe"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel