-->

Hutan Kota Malabar, Tak Sekadar Paru-paru Kota Malang

Hutan Kota Malabar, Tak Sekadar Paru-paru Kota Malang
Oleh Akaibara -  Juni 22, 2016 1843 0
BERBAGI Facebook Twitter
Pintu masuk Hutan Kota Malabar (C) MERDEKA.COM
Pintu masuk Hutan Kota Malabar (C) MERDEKA.COM
Hutan Kota Malabar yang terletak di Jalan Malabar merupakan salah satu kawasan ruang terbuka hijau yang terbilang luas di Kota Malang. Tak heran jika hutan ini tak hanya sekadar menjadi paru-paru kota.

Sejak September 2015, Hutan Kota Malabar mengalami revitalisasi. Proses perbaikan ini sempat mendapat tentangan dari warga dan beberapa kelompok aktivis mahasiswa. Namun, Pemerintah Kota Malang yang didukung oleh gelontoran dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Amerta Indah Otsuka, tak bergeming. Hutan ini pun kembali diresmikan secara terbuka pada 4 April 2016 oleh Walikota Malang, HM Anton.

Setelah direvitalisasi, hutan kota ini tampak lebih indah dan nyaman bagi para pengunjung, tanpa mengacuhkan ekosisten tanaman dan beberapa hewan di dalamnya. Selain sebagai paru-paru kota, Hutan Kota Malabar ini juga menjadi kawasan lindung bagi beberapa tanaman dan habitat beberapa jenis burung dan serangga yang hidup di dalamnya.

Hutan seluas 16.718 meter persegi ini, juga berfungsi sebagai sarana rekreasi murah. Begitu masuk ke dalamnya, suasana asri langsung merasuk ke dalam jiwa. Dingin dan sejuknya hawa khas Kota Malang bakal menusuk kulit saat berdiri di bawah pepohonannya yang rindang. Saat menyusuri jalanan setapak berpaving, rasanya seperti berada di tengah belantara. Kicau burung yang berpadu dengan suara serangga menambah harmonisasi yang tercipta di telinga. Di tengah hutan kota ini terdapat kolam air yang menjadi sumber untuk mengairi taman-taman di kota Malang.

Salah satu spot di Hutan Kota Malabar (C) MALANGVOICE
Salah satu spot di Hutan Kota Malabar (C) MALANGVOICE
Hutan yang berada di sebelah timur Gereja Ijen dan Taman Merbabu ini juga berfungsi sebagai sarana edukasi. Di setiap pohon yang tertanam di dalamnya dipasang sebuah papan nama tanaman tersebut. Hal ini memudahkan siapa saja yang ingin belajar mengenal tanaman di dalam hutan. Tak heran jika sesekali ada kelompok pelajar SMP maupun SMA yang berkunjung untuk melakukan study tour ke Hutan Kota Malabar ini.

Tujuan revitalisasi hutan kota yang dilakukan Pemkot Malang adalah melakukan penghijauan. Salah satu bagian dari langkah itu salah satunya dengan menambah ruang terbuka hijau. Keberadaan Hutan Kota Malabar tak bisa dipungkiri menjadi salah satu solusi bagi suasana Kota Malang yang kian memanas. Seperti diketahui, seiring makin menjamurnya kendaraan bermotor, baik milik warga asli maupun pendatang, menyebabkan meningkatnya polusi udara.

Lokasi hutan kota ini cukup strategis, karena tak jauh dari pusat Kota Malang. Dari arah Alun-alun Kota Malang, Anda cukup memacu kendaraan ke arah utara, lalu belok kiri di Jalan Semeru. Sampai di perempatan sebelum ujung Jalan Semeru, belok kanan ke Jalan Merapi, lurus dan sampai di lokasi Hutan Kota Malabar.

0 Response to "Hutan Kota Malabar, Tak Sekadar Paru-paru Kota Malang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel